Inilah alasan mengapa merokok sangat merugikan!

Kita tidak dapat memungkiri bahwa merokok merupakan kebiasaan umum yang dilakukan oleh kebanyakan orang Indonesia, mulai dari remaja hingga dewasa, baik laki-laki dan perempuan. Padahal pemerintah sudah memberikan peringatan langsung di bungkusnya bahwa merokok dapat membunuh pemakainya namun hanya segelintir manusia yang sadar akan itu. Faktanya, merokok adalah hal yang sangat buruk untuk dilakukan oleh seluruh manusia di dunia. Berdasarkan aspek kesehatan dan lingkungan, ada tiga alasan mengapa merokok harus di larang: merokok dapat menyebabkan banyak penyakit seperti serangan jantung, kanker paru-paru dan gangguan pada kehamilan dan janin; merokok juga menyebabkan kecanduan; Polusi yang dihasilkan rokok sangat berbahaya untuk lingkungan. 

Dalam aspek kesehatan, merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena kandungan rokok yang terdiri dari begitu banyak zat beracun seperti tar bisa menyebabkan kanker. Ketika para perokok itu merokok, kandungan tar dalam rokok ini juga terhirup. Kandungan ini akan menetap di paru-paru untuk waktu yang lama dan dapat menyebabkan dampak buruk bagi kinerja paru-paru. Masalah ini juga dapat merusak sel-sel di paru dan dapat membentuk sel kanker, yang nantinya akan menjadi kanker paru-paru.
 


Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Kebiasaan ini dapat meningkatkan hormon adrenalin mendorong kinerja jantung dan itu sangat menyebabkan tekanan pada jantung. Akhirnya, jantung akan melemah dari waktu ke waktu dan itu sangat berbahaya. Itulah penyebab serangan jantung. 

Merokok juga  dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin. Saat ini, bukan hanya laki-laki yang merokok tetapi juga perempuan. Mereka tidak sadar bahwa merokok berbahaya bagi mereka, terutama bagi wanita hamil. Rokok menghasilkan begitu banyak zat beracun yang mengalir di tubuh mereka, sehingga secara langsung akan memberikan dampak buruk dari janin mereka seperti keguguran dan kecacatan pada bayi.

Tentunya satu hal penting yang harus kita sadari adalah bahwa rokok terdiri dari zat nikotin yang memiliki efek adiktif. Jadi, ketika mereka memutuskan untuk merokok, akan sangat sulit bagi mereka untuk menghentikannya karena mereka membutuhkannya  untuk membuat mereka merasa bahagia dan rileks. Ketika mereka mencoba untuk menghentikannya, mereka akan menemukan begitu banyak kesulitan seperti mereka tidak dapat konsentrasi atau mereka akan gelisah dan tertekan. Sementara itu, kita tidak dapat menyangkal bahwa harga rokok itu tidak murah sehingga merokok akan menjadi suatu hal yang sia-sia  karena ketika Kamu merokok itu berarti Kamu membakar uang dan tubuh Kamu dalam waktu yang bersamaan.

Kemudian, dalam aspek lingkungan, merokok dapat merusak lingkungan dengan polusi dalam bentuk asap karena ini diyakini bahwa polusi rokok lebih berbahaya daripada polusi dari kendaraan bermotor. Terbukti, bahaya polusi ini bukan hanya untuk para perokok aktif tetapi juga bahaya bagi orang-orang di sekitar mereka, atau kita dapat menyebutnya sebagai perokok pasif. Itu terjadi karena ketika perokok aktif merokok di suatu tempat, polusinya akan berkontribusi pada lingkungan dimana orang lain atau perokok pasif turut menghisap asap rokok tersebut. 

Setelah mengetahui dampak negatif dari merokok, kita sebagai generasi cerdas harus sadar bahwa merokok adalah kebiasaan yang sangat buruk dan kita harus menghindarinya ya, intelektual muda!

By: Alfilia Sanjaya

Posting Komentar

0 Komentar