Pemilih Pemula, Jangan Lewatkan Pemilu Serentak 2019, Gunakan Hak Pilih Kamu!


Grid.ID – Tak lama lagi Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia.
Rakyat Indonesia akan bebas menentukan hak pilihnya sebagai warga negara. Apalagi buat kamu yang masuk dalam kategori Pemilih Pemula, salah satu segmen pemilih yang menjadi fokus KPU dalam melakukan sosialisasi. Kamu yang masuk dalam kategori Pemilih Pemula dan pemilih milenial, tentunya memiliki segudang kreatifitas, ide-ide segar dan aktif ber-sosial media.

Karena itu, KPU menjadikan media sosial sebagai sarana sosialisasi untuk kamu pemilih milenial.
Cukup dengan mengikuti akun Instagram (@KPU_RI), akun Facebook (KPU Republik Indonesia), akun Twitter (@KPU_ID) dan juga chanel YouTube (KPU RI). Lewat empat media sosial tersebut kamu bisa melihat berbagai macam konten kekinian yang bisa mencerdaskan pemilih pemula.

Nah, siapa sih yang dimaksud dengan Pemilih Pemula?
Sesuai Peraturan KPU no. 11 tahun 2018, Pemilih Pemula adalah Pemilih yang genap berumur 17 tahun atau lebih pada hari pemungutan suara atau Pemilih yang telah berubah status dari status anggota TNI atau Polri menjadi status sipil. Kementerian Dalam Negeri RI menyebutkan, setidaknya jumlah pemilih pemula yang akan berusia 17 tahun pada tanggal 1 Januari 2019 sampai 17 April 2019, mencapai 5 juta orang. Jumlah yang banyak ya!

Bicara soal siapa yang akan dipilih saat Pemilu nanti, pasti semuanya sudah punya jagoan bukan?
Bagi kamu yang baru pertama kali ikut pemilu mungkin sedikit bingung akan persiapannya.
Jangan khawatir, kamu cukup melengkapi syarat administrasi bagi pemilih pemula. Agar bisa terdaftar sebagai pemilih pastikan usiamu sudah 17 tahun di hari pemungutan suara berlangsung.

Jangan lupa, begitu kamu berusia 17 tahun, segera daftarkan dirimu ke dinas kependudukan dan catatan sipil setempat di tempat kediamanmu masing-masing ya! Supaya kamu bisa memberikan suaramu pada hari Rabu tanggal 17 April 2019. Bagi kamu yang sudah memiliki e-KTP, kamu bisa cek namamu apakah sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id, cukup masukkan nomor induk kependudukan.

Bila namamu belum tercantum dalam DPT, kamu bisa melapor supaya bisa dimasukkan ke daftar pemilih hasil perbaikan (DPTHP), atau bisa datang ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil setempat untuk mendapatkan surat keterangan agar kamu dapat memberikan suara pada hari Rabu tanggal 17 April 2019 mendatang.

Setelah memiliki surat keterangan untuk memilih, sekarang saatnya melakukan langkah kedua.
#KenaliCalonmu di mana pemilih diajak untuk melihat dan mempelajari rekam jejak dari tiap-tiap calon yang akan dipilih. Data dari tiap calon yang dipilih bisa diakses melalui website infopemilu.kpu.go.id atau kamu juga bisa mencari tahu segala informasi tentang kandidat/calon wakil rakyat melalui media social mereka.

Lalu, apa sih peran strategis kamu sebagai pemilih pemula?
Kamu sebagai pemilih pemula memiliki peran strategis karena jumlah yang cukup besar, membuat kamu bisa menentukan wajah bangsa ini 5 tahun ke depan. Kamu juga memiliki idealisme yang tinggi dan bisa menyuarakan bagaimana berpolitik yang bersih karena kamu bisa berpikir secara rasional dan cerdas Kamu pun bisa mendorong teman-temanmu untuk berpikir rasional serta mewaspadai informasi bohong. Pemilih Pemula juga diharapkan bebas dari money politik.

Laporan Wartawan Grid.ID, Nailul Iffah

Posting Komentar

0 Komentar