Lampung Miliki Indeks Kerawanan Pemilu Diatas Nasional

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Pengamat Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Robby Cahyadi Kurniawan mengatakan provinsi Lampung masuk dalam 15 besar di Indonesia memiliki indeks kerawanan pada pemilihan umum.

Hasil tersebut menurutnya diperoleh dari hasil survei Badan Pengawas Pemilu. Dia mengatakan, tingkat kerawanan pemilu di Lampung memiliki presentase 49,56 persen atau di atas rata-rata nasional yakni 49 persen."Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat kerawanan pada pemilu. Hasil itu berdasarkan hasil survei Bawaslu," kata dia pada diskusi publik mengambil tema Memilih Itu Juara! Pemilih Pemula Pemilih Cerdas", di RRI Bandar Lampung (4/12/2018).

Menurut dia, kerawanan pemilu terdapat pada sejumlah faktor, diantaranya pada konteks penyelenggara khususnya di tingkat tempat pemungutan suara (TPS), masih banyak ASN tidak netral, politik uang, dan informasi hoaks melalui media sosial.
"Kerawan pada pemilu pada penyelenggara bukan pada KPU dan Bawaslu, namun di tingkat TPS-nya. Kemudian melalui media sosial, masih banyak masyarakat tidak menyaring informasi dengan tepat, sehingga dapat terhasut oleh isu hoaks," kata dia.


Sumber: Lampost.co
Laporan: Agung Hidayat

Posting Komentar

0 Komentar