Program Kerja Kkn Unila Membuat Taman Apotik Hidup di Pekon Merbau





Secara Umum masyarakat Pekon Merbau Berkurang mempercayai bahan-bahan obat yang diberikan oleh pemerintah secara gratis melalui kegiatan Puskesmas keliling atau kegiatan-kegiatan lain yang terkait. Karakteristik masyarakat yang masih tradisional menjadikan kepercayaan masyarakat akan cara pengobatan masih sangat rendah terhadap pengobatan modern, meskipun program pengobatan yang diberikan gratis. Disamping itu, sebagian besar masyarakat memnuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, utamanya untuk memasak dengan membeli bahan makanan dengan cara membeli kepada pedagang atau penjual yang ada di Pekon Merbau. Di Pekon Merbau, dengan keadaan masyarakat yang demikian maka diperlukan adanya sebuah solusi penengah sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Pekon Merbau pada khusunya.

Dalam  hal pengobatan, masyarakat dapat membuat Apotek Hidup yang dapat dimanfaatkan sebagai lumbung tanaman Obat, dimana dengan lokasi apotek hidup yang mudah dijangkau oleh masyarakat, serta murah apotek hidup ini dapat dimanfaatkan guna pengobatan Penyakit ringan yang ada. Disamping itu, untuk hal yang kedua, masyarakat dapat membuat Kebun bergizi yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan pangan berupa sayur dan lain sebagainya yang dapat dimanfaatkan guna pemenuhan kebutuhan nutrisi masyarakat khsususnya untuk memasak sehari-hari. Kedua hal yang telah tersebutkan tadi memang tidak berkaitan satu sama lain, tetapi keduanya dapat dikombinasikan dalam suatu wadah yang nantinya akan mampu memberikan manfaat positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Pekon Merbau.

Tim KKN Universitas Lampung membuat program Pembuatan Sapotek hidup dan kebun Bergizi di Pekon Merbau sebagai salah satu langkah untuk mengajak masyarakat menanam tanaman obat sendiri, yang dekat dengan lingkungan rumah masing-masing warga serta tanaman-tanaman bernutrisi yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan gizi masyarakat. Kegiatan pembuatan apotek hidup dan kebun bergizi ini berupa kegiatan pembuatan sampel atau contoh apotek hidup dan kebun bergizi yang nantinya diharapkan warga masyarakat Pekon Merbau dapat membuat Apotek Hidup dan Kebun Bergizi di Lingkungan rumah mereka masing-masing. Jenis tanaman apotek hidup dan kebun bergizi yang ditanam oleh Tim KKN Universitas Lampung adalah jenis tanaman yang sudah umum dikenal oleh masyarakat Pekon Merbau , tetapi belum diketahui manfaat secara keseluruhan bagi kesehatan, pengobatan dan pemenuhan gizi masyarakat. Pembuatan sampel atau contoh Apotek Hidup dan kebun Bergizi oleh Tim  KKN Universitas Lampung dilaksanakan pada hari rabu 09 Januari 2019 pada pukul 08.00 sampai dengan 10.00 Wib dengan bantuan seluruh anggota KKN Universitas Lampung

Sumber : pekonmerbau.sideka.id

Posting Komentar

0 Komentar