Sttt! Lagi Hits Gerakan Selamatkan Bumi




Tahukah kamu intelektual muda, Indonesia menjadi peringkat kedua negara “Penyumbang” sampah plastik terbesar didunia yaitu sebesar 3,2 juta ton, setelah Tiongkok, universitas Georgia (2015). Empat sungai di Indonesia – Brantas, Begawan Solo, Serayu dan Progo – termasuk 20 yang terkotor didunia. Fakta itu berdasarkan hitungan metrik ton sampah plastik yang tidak dikelola dengan baik.


Plastik adalah bagian dari kehidupan sehari-hari orang indonesia. Tak ayal masyarakat indonesia banyak yang menggunakan plastik sekali pakai seperti halnya botol minuman kemasan.

Minuman dalam botol plastik memang memberikan kesan simple dan mudah didapatkan dimana saja, namun kegiatan tersebut termasuk penyumbang sampah plastik terbesar di Indonesia. Maka dari itu munculah ide atau gagasan-gagasan penggunaan botol tumbler untuk mengurangi sampah botol minuman.

So guyss, ayo kita ikuti gerakan membawa botol minuman sendiri dalam segala aktivitas. Selain menyelamatkan lingkungan membawa botol minuman sendiri dapat memberi kita beberapa keuntungan.



Nikmati Manfaat dan Kelebihan Membawa Botol Air Minum Sendiri dari Rumah

1. Lebih hemat

Sudah jelas bahwasanya saat kamu membawa air minuman sendiri dari rumah, maka pengeluaran uang jajan kamu akan jadi lebih hemat.

Kalau mau dihitung? Boleh saja.
Misalkan harga satu botol minuman adalah 3 ribu, dan setiap hari kamu harus mengeluarkan uang sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan akan air.
Dalam satu bulan, dikurangi akhir pekan berarti (8 hari) jadi: 3.000 x 22 = Rp. 66.000. Bila dikalikan dalam setahun, kebutuhan kamu untuk beli air kemasan totalnya sebesar: Rp 792.000.

Tentu uang 792.000 tidak kecil kan? So mulai hemat deh, dan bawa air minum dan botol air minum dari rumah sendiri.
Supaya uang pengeluaran untuk membeli air minumnya bisa kamu tabung buat masa depan nanti. Sepakat?

2.     Lebih Sehat


Dengan kamu membawa air dan botol minuman sendiri dari rumah, bisa dipastikan hal itu lebih meyehatkan bila dibanding dengan membeli minuman sembarang di luar rumah. Alasannya karena air dari rumah, bisa kamu pastikan kelayakan dan kesehatannya. Kamu bisa coba didihkan, cek, atau juga coba dulu guna menguji tingkat kesehatan air yang kamu konsumsi. Lain lagi kalau kamu beli di luar.

Bisa jadi, tampilan meyakinkan tapi isisinya membahayakan. Bisa juga sudah lewat masa kadaluarsa, atau juga sudah tak layak konsumsi karena penyimpanan yang tidak hati-hati.

3.     Lebih Mudah tuk Diminum Kapan Saja

Kalau kamu gak bawa air minum dalam tas, ketika di tengah perjalanan ke sekolah, kampus atau juga tempat kerja, lantas tiba-tiba kehausan, pasti bingungkan nyari minum di mana.
Terlebih kalau tempatnya juga susah nemu pedagang? Skip deh pasti.

Tapi beda cerita kalau kamu bawa botol air minum di dalam tas.

Kapanpun kamu haus, tinggal minum. Kapanpun kamu lelah tinggal teguk saja. Lebih mudah ya

3.     Lebih Mengoptimalkan Fokus dan Pikiran

Nah, karena seringnya kamu minum tuh, tanpa sadar otak dan pikiran kita jadi lebih fokus
Tapi….kalau kamu kekurangan minum, bisa-bisa malah dehidrasi. Ujung-ujungnya gagal fokus lagi. Kayak iklah “Ada Aqila?”









5.     Lebih Membantu Bumi


Sementara itu, bila kamu konsisten untuk terus membawa botol minuman berisi air dari rumah,  maka kamu sudah termasuk ke dalam salah satu penyelamat bumi dari pencemaran sampah plastik

But… orang yang gak bawa, biasanya mereka itu akan beli botol minum kemasan di warung-warung.

Terus karena keseringan membeli, tanpa disadari sampah plastik dari kemasan minuman kalian kian menggunung dan merusak lingkungan karena susahnya terurai.

Jadi, kamu mau jadi tim mana? Bawa minum atau beli minum?


Laporan : Abdina Saentika
Edited     : Satrio Alpen P 

Posting Komentar

0 Komentar