5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mengganti Minum Kopi dengan Teh Hijau



Jakarta - Teh hijau dan kopi sama populer dan punya khasiat sehat. Tetapi teh hijau punya sejumlah kelebihan yang baik dipertimbangkan sebagai minuman sehat.

Kopi merupakan minuman terbuat dari biji kopi yang telah disangrai lalu dihaluskan menjadi bubuk. Bubuk kopi tersebut diseduh bersama air panas dan jika ingin tambahkan gula agar hasilnya lebih nikmat. Walaupun cenderung memiliki rasa yang pahit, namun kopi tetap menjadi primadona bagi penikmatnya.

Bahkan banyak orang yang tak bisa tanpa minum kopi dalam sehari. Karena kopi dapat menambahkan energi di pagi hari. Memiliki aroma yang harum dan khas, minuman kopi ini juga bisa diminum secara dingin.

Namun terlalu sering konsumsi kopi ternyata tidak baik juga bagi kesehatan. Maka itu ada alternatif minuman lain yang nyatanya lebih baik untuk kesehatan yaitu teh hijau. Varietas dari teh hijau ini dapat menyehatkan tubuh apalagi bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.
Dirangkum oleh Bustle (01/12), berikut adalah 5 alasan kenapa kamu sebaiknya mengganti kopi menjadi teh hijau.
1. Konsumsi kafein lebih sedikit
Memang kandungan kafein pada daun teh hijau dibandingkan biji kopi jauh lebih banyak. Namun menurut Dr. Edo Paz selaku ahli jantung di K Health, jumlah kafein dalam kopi akan lebih banyak dibandingkan teh setelah proses penyeduhan berlangsung. Tapi itu tak berlaku untuk matcha yaitu teh hijau bubuk.
Karena matcha memiliki kandungan yang jauh lebih tinggi dari teh hijau biasanya. Karena matcha terbuat dari daun teh hijau yang ditumbuk, jadi kandungan kafein pada 'matcha' labih tinggi kafein daripada jenis teh lainnya.
Jadi untuk kamu yang ingin kurangi asupan kafein pada tubuh, kamu bisa mengganti kafein yang terdapat pada kopi tersebut menjadi teh hijau yang tak kalah nikmat untuk dikonsumsi. Teh hijaunya pun bukan matcha, namun teh hijau asli yang jika diseduh berwarna hijau bening.
Dr. Paz juga mengatakan kalau konsumsi kopi itu mungkin bisa buat kamu terserang sakit kepala. Memang benar kalau ternyata teh hijau masih mengandung kafein, namun kadarnya hanya sekitar 20-39mg per cangkirnya.
2. Mengurangi tingkat kecemasan
Saat meminum kopi yang banyak sekali mengandung kafein, itu bisa membuat kamu berada pada titik kecemasan dan membuat tidur terganggu. Itu karena kafein yang masuk pada tubuh melalui kopi akan membuat kamu terjaga sepanjang malam. Selain itu untuk kamu yang tak biasa konsumsi kopi itu akan membuat kamu merasa cemas berlenih.
Kecemasan ini akan lebih parah jika kamu sangat sensitif pada kandungan kafein yang terdapat pada kopi. Selain kecemasan dan susah tidur, konsumsi terlalu banyak atau terlalu kuat dapat menyebabkan jantung berdebar dan naiknya tekanan darah.
Jadi lebih baik mulai sekarang biasakan untuk mengurangi kopi dan menggantinya dengan teh hijau yang lebih mengenyangkan. Walaupun juga memiliki kandungan kafein, namun teh hijau hanya memiliki kandungan kafein yang rendah. Karenanya kamu tak perlu lagi khawatir tentang kecemasan yang akan terjadi setelah mengetahui kandungan di dalanya.

3. Tingginya anti-oksidan
Alasan selanjutnya agar kamu mengurangi kopi dan beralih ke teh hijau karena dalam teh tersebut mengandung banyak zat anti-oksidan yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Zat tersebut akan membantu tubuh kamu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi dan menurunkan risiko penyakit yang akan menyerang.
Memang benar kopi juga memiliki zat anti-oksidan namun kandungannya di dalam teh hjau lebih tinggi daripada kopi. Zat anti-oksidan yang terdapat dalam teh hijau dinamakan katekin yang juga banyak digunakan dalam jenis teh lainnya, coklat, dan berry.
Zat katekin pada teh hijau ini juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit kadiovaskular, membantu pencegahan penyakit degeneratif, dan membantu untuk memperbaiki fungsi ginjal dan hati. Zat ini juga diyakini dapat menurunkan risiko kanker payudara dan kanker lainnya.
4. Baik untuk kesehatan mulut
Alasan berikut ini juga bisa menjadi pertimbangan saat kamu akan mengurangi kopi dan beralih untuk lebih mengonsumsi teh hijau. Ternyata mengganti kopi ke teh hijau ini dapat meningkatkan kesehatan mulut dari kerusakan gusi, pernyataan ini menurut sebuah penelitian di PLoS One pada tahun 2018.
Di dalam teh hijau terdapat kandungan sifat anti-mikroba yang dapat mengurngi risiko bakteri berbahaya tertentu yang menumpuk di mulut. Saat kamu beralih minum teh hijau itu dapat membantu populasi bakteri di mulut secara umum.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention pada 2018 menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki mikrobioma yang lebih bervariasi di mulut daripada peminum kopi lengkap dengan jumlah bakteri yang dapat membantu kesehatan mulut. Bakteri tersebut dapat membantu untuk mencegah infeksi dan masalah mulut yang umum menyerang.
5. Dapat mengurangi peradangan
Alasan terakhir agar kamu dapat mengurangi kopi dan beralih untuk lebih mengonsumsi teh adalah dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Peradangan yang dapat dikurangi diantaranya kondisi jantung, rheumatoid, arthritis, asma, penyakit degeneratif dan berbagai jenis kanker. Hal ini terdapat peada sebuah penelitian yang telah dipublikasikan pada tahun 2018.
Teh hijau dipercaya memiliki zat anti-inflamansi yang tinggi dan dapat mengurangi peradangan secara serius. Memang kopi juga memiliki zat anti-inflamansi, namun tingkatnya lebih rendah dibandingkan saat mengonsumsi teh hijau saat ini.
Jadi lebih baik mulai sekarang kurangi kopi dan beralih untuk konsumsi teh hijau lebih banyak lagi, karena terbukti jauh lebih sehat. Apalagi teh hijau juga jenis minuman yang mudah ditemui. Bahkan teh hijau juga mampu membantu dalam mengurangi peradangan yang lebih tinggi.

Laporan: Alfilia Sanjaya

Posting Komentar

0 Komentar