6 Fakta Fantastis tentang Mangga

6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017

Tahun 2019 mungkin bisa disebut tahunnya buah mangga di Indonesia. Bagaimana tidak, tahun ini saja kepopuleran varian buah mangga seperti mangga alpukat dan mangga pisang sangatlah meroket. Begitu juga dengan berbagai jenis olahan makanan dan minuman berbahan dasar buah mangga, sebut saja mango sticky rice dan king mango thai yang begitu hits, apalagi di kalangan anak muda.
Sebagai penikmat sejati buah bernama latin mangifera indica ini, kamu gak boleh ketinggalan lho untuk tahu hal-hal yang berkaitan dengan buah dengan rasa segar ini. Berikut adalah 6 fakta buah mangga yang wajib kamu ketahui sebagai penikmat akut buah ini.

1. Buah mangga aslinya berasal dari negara India.

6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017https://learningenglish.voanews.com
Olahan buah mangga yang terkenal di Indonesia biasanya berasal dari negara Cina ataupun Thailand. Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya, buah dengan rasa manis dan sedikit asam ini berasal dari India sana? Mangga dipercaya telah ditanam sekitar 4 sampai 5 ribuan tahun yang lalu di India dan dikenal dengan nama man-gas dalam Bahasa Tamil. Berdasarkan sejarah, buah ini juga tumbuh dengan subur di lembah Sungai Indus, India.

2. Gak melulu punya kulit berwarna hijau atau kekuningan, mangga pun ada yang berwarna ungu.

6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017https://commons.wikimedia.org
Buah mangga gak melulu berwarna hijau atau kuning lho. Walaupun mayoritas buah mangga memiliki warna tersebut, namun ada juga lho buah mangga yang berwarna ungu dan merah muda, unik sekali kan? Mangga Osteen merupakan varian mangga yang memiliki kulit berwarna ungu. Mangga ini dikembangbiakkan pertama kali pada tahun 1935 dan bearasal dari Pulau Merritt, Florida.

3. Tahu gak kalau mangga mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan jeruk?

6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017https://pickfreshfoods.com
Lho kok? Iya, selama ini vitamin C selalu diidentikkan dengan buah jeruk. Padahal sebenarnya kandungan vitamin C di buah mangga lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk lho. Kandungan vitamin C dalam buah jeruk berkisar antara 59 - 83 mg, sedangkan di dalam buah mangga kandungan vitamin C nya bisa mencapai 122 mg. Selain itu, buah mangga juga mengandung zat lain yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, kalium dan juga tembaga.

4. Hati-hati, tanaman mangga bisa berubah menjadi racun lho.


6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017
Terkadang, buah mangga bisa membahayakan kesehatanmu. Getah berwarna bening bernama urushiol yang sering menempel di kulit buah mangga bisa menyebabkan iritasi dan ruam merah pada kulitmu, jika kamu tidak membersihkannya secara seksama sebelum disantap. Asap pembakaran daun dan batang tanaman mangga juga berbahaya jika terkena mata dan kulit karena adanya kandungan jamur beracun di dalamya.

5. Kandungan mangga muda yang membuatnya menjadi favorit ibu hamil.

6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017http://www.indianbeauty.tips
Udah jadi rahasia umum, kalo mangga muda menjadi buah favorit dikalangan ibu-ibu hamil. Pernahkan kamu bertanya-tanya alasan dibalik hal ini? Ternyata salah satu alasannya karena mangga muda dipercaya mengandung vitamin B6 yang bisa meningkatkan imunitas tubuh dan mengatasi mual yang sering dialami oleh para ibu hamil.
Mangga muda diyakini bisa mengurangi gelaja morning sickness yang melanda. Selain itu, mangga muda juga mampu menjaga tekanan darah dan irama detak jantung karena adanya zat kalium di dalamnya. Tentu saja, pengonsumsiannya harus tetap diawasi ya.

6. Mangga berukuran paling besar berada di Filipina, mencapai berat 3.4 kg.

6 Fakta Fantastis tentang Mangga, Buah Paling Hits Tahun 2017https://www.fhm.com.ph
Jika kamu biasanya hanya melihat mangga berukuran sebesar telapak tangan, kamu akan melongo saat melihat mangga yang tercatat di The Guinness Book of Records sebagai mangga terberat di dunia ini. Mangga dengan berat 3.435 kg ini dimiliki oleh pasangan Sergio dan Maria Socorro Bodiongan yang tinggal di Filipina. Kebayang gak, berapa banyak sajian king mango thai yang bisa dibuat dari mangga sebesar ini?
Udah tahu kan sekarang fakta terkait buah paling hits di tahun ini?

Posting Komentar

0 Komentar