Sederet Sumber Protein dari Tumbuhan yang Baik untuk Kesehatan, Edamame hingga Oat





TIBUNNEWS.COM - Tubuh kita membutuhkan protein untuk memperbaiki sel-sel dan membangun yang baru.
Sumber protein tidak hanya berasal dari produk hewani, seperti daging, susu atau keju, namun juga bisa didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Sumber protein dari tubuh-tumbuhan atau protein nabati sangat berguna untuk orang yang memilih untuk menjadi vegetarian. Dikutip Tribunnews.com dari laman Blodsky, menurut Akademi Nutrisi dan Dietetik, vegetarian tidak rentan terhadap diabetes dan penyakit jantung serta hidup lebih lama dibandingkan dengan non-vegetarian.
Protein dari tanaman membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi ginjal, mencegah kanker, meredakan nyeri radang sendi dan menjauhkan kita dari penyakit lain. Asupan protein harian harus sekitar 2g/kg berat badan. Jumlahnya sekitar 140-160 g per hari. Untuk orang tua di atas usia 65, asupan protein harus 1g/kg berat badan yaitu sekitar 68-80 g/hari. Sedangkan untuk wanita hamil adalah sekitar 1,1g/kg berat badan.
Berikut sederet protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan:
Oat
Oat mengandung 13,15 g protein. Makanan ini juga mengandung serat, kalium dan fosfor. Oat biasa dibuat bubur untuk sarapan.
Biji chia
Biji chia kering mengandung 16,54 g protein. Biji chia juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Biji chia mengandung sembilan asam amino esensial, yang bisa dikonsumsi dicampur smoothie atau protein shake.
Biji labu
Biji labu mengandung19,40 g protein dan mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium. Biji labu bergizi baik dalam bentuk mentah maupun dimasak. Biji labu biasanya digunakan di masakan Meksiko seperti sup dan salad. Sedangkan di India sering dimasak dan dimakan menggunakan nasi.
Edamame
Edamame beku mengandung 11,22 g protein dan kaya serat, kalsium, folat dan kalium. Kacang di dalam edamame dicampur dengan salad atau dimasak dengan sayuran untuk rasa yang lebih enak.
Tempe
Produk kedelai ini mengandung 20,29 g protein dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan kalium. Tempe adalah hasil fermentasi kedelai dan digunakan dalam berbagai resep di seluruh dunia
Tahu
Tahu kering dan beku mengandung 52,47 g protein, serat dan mineral seperti kalsium, zat besi dan fosfor. Tahu bisa dijadikan sebagai pengganti alternatif produk daging.
Quinoa
Kaya akan sembilan asam amino esensial, quinoa bebas gluten dan memiliki 14,12 g protein. Quinoa mengandung serat dan nutrisi seperti kalsium dan zat besi. Quinoa bisa ditumbuk menjadi tepung atau direbus dan ditambahkan ke sup atau sayuran.

Laporan : Marantika Ayu Lestari



Posting Komentar

0 Komentar