Unik, 8 Makanan Lezat Ini Bisa Bikin Bahagia





Merdeka.com - Kesedihan merupakan suatu perasaan yang hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Banyak orang sedih yang melakukan cara untuk membuat hatinya bahagia kembali. Namun tahukah Anda? Cara membuat hati bahagia ternyata bisa dibantu oleh makanan.
Namun jika Anda memakan makanan yang kurang tepat, ini akan membuat kesehatan terancam. Misalnya makanan cepat saji atau junk food.
Editor International Journal of Gastronomy and Food Science, Jose Youssef mengatakan terdapat hubungan ilmiah antara makanan yang kita makan dengan suasana hati kita. Seringkali dikatakan bahwa keberagaman yang ada akan membuat hidup berwarna, maka dengan memakan makanan yang beragam juga dapat membuat pikiran dan tubuh kita senang.
Pisang
Buah pisang termasuk makanan yang bisa Anda konsumsi dan akan memunculkan rasa bahagia. Pisang memiliki kandungan vitamin, probiotik dan antioksidan, sehingga dapat membantu proses pencernaan Anda dengan baik dan tentunya juga secara langsung mempengaruhi mood Anda. Dengan memakan pisang, ini akan membantu kerja bakteri usus yang juga dikaitkan dengan mengurangi depresi.
Cokelat
Makanan satu ini adalah makanan yang menjadi favorit banyak orang. Cita rasanya yang lezat serta baunya yang khas membuat coklat banyak disukai. Tak mengenal umur, cokelat banyak disukai oleh orang dari berbagai kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Namun tahukan Anda? Cokelat ternyata termasuk makanan yang dapat membuat suasana hati Anda bahagia. Itu disebabkan karena cokelat kaya antioksidan yang mampu melepaskan hormon bahagia.
Salmon
Tak usah diragukan lagi khasiat ikan salmon bagi kesehatan. Kali ini salmon ternyata juga bisa menghapus rasa sedih yang Anda punya. Dengan mengonsumsi ikan salmon dapat membuat Anda bahagia. Sebab, kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya dapat mengurangi stres.
Kimchi
Bagi Anda penggemar masakan korea, Anda bisa menyantap kimchi. Makanan asal Korea dengan cita rasa yang asam ini ternyata mengandung probiotik. Kimchi merupakan makanan fermentasi. Tak hanya itu kimchi juga mengandung kaya asam laktat. Hal ini membuat kimchi bisa Anda jadikan refrensi sebagai makanan yang bisa membuat suasana hati menjadi bahagia.
Ubi
Makanan yang bisa membuat bahagia selanjutnya adalah ubi. Ubi memiliki kandungan karbohidrat kompleks di dalamnya. Ini berfungsi untuk memproduksi serotonin atau biasa disebut dengan zat "bahagia". Mengolah ubi dengan cara memanggangnya akan lebih baik daripada Anda menggorengnya.
Kenari
Salah makanan jenis kacang yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan suasana hati bahagia adalah kenari. Kacang yang memiliki bentuk menyerupai otak ini dikenal memiliki manfaat banyak untuk kesehatan. Kacang kenari memiliki kandungan vitamin E, asam folat, omega-3 dan antioksidan.
Mangga
Buah selanjutnya yang bisa dijadikan makanan agar bahagia adalah mangga. Buah musiman ini memiliki warna hijau hingga kuning kemerahan dan daging berwarna kuning hingga kemerahan. Buah mangga memiliki cita rasa asam manis dan harum yang sangat khas. Tak hanya itu, mangga ternyata mempunyai kandungan mineral, antioksidan dan vitamin.
Daging Merah
Daging merah merupakan salah satu makanan yang juga bisa membantu Anda agar mendapatkan suasana hati bahagia. Hal ini dikarenakan daging merah menjadi sumber triptofan yang sangat baik untuk memproduksi serotonin. Selain itu, B12 yang terkandung dalam buah mangga dapat meningkatkan mood Anda.
Demikianlah makanan yang bisa bikin bahagia yang sudah dirangkum. Selamat mencoba dan tentukan mana yang menjadi favorit Anda.

Laporan : Marantika Ayu Lestari

Posting Komentar

0 Komentar