Jagi Mencari Jati Diri? Begini Cara Mudah Untuk Menemukan Jati Diri!



Menemukan jati diri adalah pengalaman yang mencerahkan. Lagi Mencari Jati Diri? Begini Cara Mudah Untuk Menemukan Jati Diri!

Untuk menemukan diri sendiri, pertama-tama pelajari diri sendiri. Menemukan jati diri adalah pengalaman yang mencerahkan. Anda mulai mandiri dan melakukan hal-hal untuk diri sendiri, untuk pertama kalinya. Perasaan ini sulit dijelaskan dengan kata-kata, tetapi jika Anda tidak tahu siapa diri Anda sebenarnya, hal ini sulit untuk diabaikan.

Menemukan jati diri tidaklah mudah, tetapi seperti kata pepatah, hasilnya akan setimpal. Berikut beberapa tips untuk memulai prosesnya.

1. Ciptakan Kerangka Waktu Anda


Tuliskan tujuan-tujuan utama yang Anda rasa dapat dicapai dan ingin dicapai. Kemudian, tuliskan peristiwa-peristiwa dalam hidup Anda yang telah terjadi yang Anda yakini telah mempengaruhi Anda. Ketika hidup menerpa kita dengan masalah atau kemalangan, hal tersebut membentuk keyakinan kita dan membuat kita berpikir secara berbeda. Tetapi lebih baik lagi, hal ini membuat kita menjadi kita sendiri.

2. Bedakan Pikiran Anda dengan Orang Lain


Bagi sebagian besar orang (lebih umum dari yang Anda perkirakan), hidup cukup mudah dijalani saat berada dalam autopilot; kita praktis diberi peta panduan tentang bagaimana realita “bekerja.” Bekerja, menikah, memikirkan ini itu dan hal lain, dan berharap Anda menikmati semuanya. Hal tersebut baik dan boleh-boleh saja – tentunya pekerjaan Anda terselesaikan, tetapi tidak menyisakan ruang untuk Anda. Jadi, renungkanlah tentang diri sendiri. Di ujung lini waktu, tuliskan sebagian keyakinan Anda yang tidak berdasar pada logika, tetapi berdasar pada apa yang diceritakan orang.

3. Mulai Mengandalkan Diri Sendiri


Kepercayaan diri dan keyakinan adalah jantung dalam menemukan diri sendiri. Jika Anda tidak memiliki keyakinan diri yang kuat, Anda akan mendengarkan perkataan orang lain setiap saat dan dipengaruhi oleh desakan mereka akan apa yang benar, yang salah, dan yang sesuai. Belajarlah untuk yakin pada diri sendiri dan percaya pada perasaan Anda sendiri. Maka Anda akan memiliki struktur sebagai dasar keyakinan tersebut. Ingat, bersabarlah dengan diri sendiri dan percaya dirilah terhadap kemampuan Anda.

4. Bersiap Untuk Memulai Kembali Lembaran Baru


Kembangkan perilaku moral Anda dan berlatihlah untuk mematuhinya. Hilangkan tabiat buruk dari hidup Anda (ini adalah tindakan atau kebiasaan yang mengikat jati diri Anda dan membiarkan Anda lepas saat harus berpikir tentang pertanyaan hidup yang sulit); tabiat ini pada akhirnya akan mengalihkan tujuan Anda dan kadang bahkan berbahaya.

5. Atur Dunia Anda


Anda mungkin akan menyadari bahwa memiliki urusan lain akan membantu melancarkan proses untuk menggenggam erat identitas Anda. Jadi, bersihkan kamar Anda. Lakukan pekerjaan Anda. Selesaikan konflik dengan teman. Menyingkirkan segala sesuatu yang merintangi jalan Anda akan memuluskan jalan Anda menuju waktu untuk “diri sendiri”.

“Jadilah dirimu sendiri, ekspresikan dirimu sendiri, yakinlah pada dirimu sendiri, jangan pergi dan mencari kepribadian sukses dan menduplikasinya”  – Bruce Lee –

Sumber : https://www.popular-world.com/groove/lagi-mencari-jati-diri-begini-cara-mudah-untuk-menemukan-jati-diri--74251/
Laporan : Alfilia Sanjaya

Posting Komentar

0 Komentar