Mengenal Jurusan Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ini 5 Faktanya





KOMPAS.com - Buat kamu yang sebentar lagi lulus sekolah dan ingin berkuliah, bersiaplah untuk menghadapi ujian masuk kuliah seperti SNMPTN dan SBMPTN. Kamu juga sudah saatnya utnuk mempersiapkan jurusan untuk kuliah. Nah, buat kamu yang gemar berinteraksi dengan anak-anak, jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD) bisa jadi pilihan. Seperti apa sih jurusan PGSD? Kali ini Kompas.com akan membahas jurusan PGSD mulai dari penjelasan jurusan hingga mata kuliah yang dipelajari. Berikut informasinya seperti dihimpun dari Rencanamu.id. 

1. Apa itu jurusan PGSD?

Jurusan PGSD mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Jurusan PGSD ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di jurusan PGSD, kamu bakal mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Selain pemahaman akademis, kamu juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial. Nantinya kamu akan bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Setelah menjadi guru, kamu akan memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya. 

2. Mengapa masuk jurusan PGSD?

Mungkin PGSD tak sepopuler jurusan-jurusan favorit seperti kedokteran, hukum, komunikasi, teknik mesin, dan lainnya. Namun, jurusan ini memiliki peran penting dalam masa depan Indonesia. Saat ini, Indonesia membutuhkan tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas, terutama untuk banyak daerah di luar pulau jawa. Sangat menantang bukan? 

3. Mata kuliah dipelajari 

Dalam jurusan PGSD, kamu akan mempelajari tentang psikologi, manajemen pendidikan, hingga pelajaran-pelajaran SD. Kamu akan belajar mata kuliah seperti pengantar pendidikan, psikologi pendidikan, pengembangan kurikulum SD, pendidikan kewarganegaraan, strategi belajar mengajar SD, profesi keguruan, kajian PPKn SD, ilmu budaya dasar, dan lainnya.

 4. Prospek kerja 

Sesuai dengan nama jurusannya, nantinya kamu mempunyai prospek bekerja yang jelas yakni menjadi guru sekolah dasar. Saat ini, ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman. Jika kamu memilih kuliah di jurusan ini, kamu bisa berkarya di daerah pedalaman yang membutuhkan tenagamu sebagai guru. Selain guru SD, kamu juga bisa menjadi pengajar di bimbingan belajar. 

5. Kampus dengan jurusan PGSD 

Kamu bisa menemukan jurusan PGSD di universitas negeri maupun swasta. Universitas negeri yang membuka jurusan PGSD seperti Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Lampung, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Negeri Semarang. Untuk universitas swasta, kamu bisa memilih jurusan PGSD di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas PGRI Adi Buana, Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sumber : .kompas.com
Laporan : Marantika Ayu Lestari

Posting Komentar

0 Komentar