Pemkab Lambar Usung Program PITU demi Majukan Daerah

Bandar Lampung (Lampost.co) -- Dalam upaya membangun Lampung Barat yang lebih maju, pemkab mengusung 7 program unggulan yang disebut PITU Lampung Barat. Ketujuh program unggulan tersebut mencakup berbagai aspek.

Ketujuh program tersebut, yakni peningkatan infrastruktur mantap, penataan Kota Liwa sebagai kota budaya, dan semua bisa melanjutkan sekolah. Kemudian pelayanan masyarakat sehat, menyejahterakan petani, mewujudkan masyarakat berdaya saing, peningkatan pelayanan publik, peningkatan iman dan takwa.

Hal itu disampaikan Bupati Lambar Parosil Mabsus saat berkunjung ke Kantor Harian Lampung Post, Rabu, 11 Desember 2019. Dalam kunjungan tersebut, Bupati didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin, asisten, kepala Bappeda, dan beberapa kepala OPD. Kedatangan Bupati Lambar beserta rombongan disambut Pimpinan Redaksi Harian Lampung Post, Iskandar Zulkarnain beserta jajaran pimpinan.

Parosil mengucapkan terima kasih kepada Lampung Post yang sudah melakukan kemitraan dan kerja sama dengan Pemkab Lambar. Sebab, kata dia, peran Lampung Post dalam memublikasikan program dan kinerja Pemkab Lambar sangat besar sehingga apa yang dilakukan pihaknya bisa diketahui masyarakat.

Parosil menambahkan salah satu upaya mewujudkan program PITU tersebut diluncurkan beasiswa kuliah jurusan Kedokteran bagi putra putri Lampung Barat. “Mereka nantinya kami proyeksikan untuk bekerja di RS Alimuddin Umar Lambar dan faskes serta puskesmas yang ada di Lambar," katanya.

Ia juga menyampaikan Lampung Barat telah memiliki destinasi wisata yang sangat menarik dan perlu bantuan media untuk memublikasikannya. Destinasi menarik yang layak dikunjungi wisatawan, seperti Seminung Lumbok Resort, Negeri di Atas Awan Gerdai, dan Temiangan.
Selain itu, dalam upaya mendukung Lambar yang dikenal sebagai penghasil kopi, pemkab juga mendirikan sekolah kopi. Hal itu dilakukan agar kopi Lambar tetap dikenal hingga ke luar negeri.
"Pada 2020 akan diresmikan sekolah jurusan kopi di SMK Negeri 1 Kebuntebu. Hal ini juga dalam rangka Festival Kopi yang sudah berjalan 2 tahun terakhir dan sangat diapresiasi masyarakat," ujarnya.

Kepala Bappeda Okmal dalam upaya mendukung Lambar sebagai kota budaya, pada tahun 2020 akan diberikan beasiswa bagi mahasiswa Jurusan Seni di Universitas Lampung yang berasal dari Lambar. “Beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah dan biaya hidup," katanya.
Muharram Candra Lugina

Posting Komentar

0 Komentar