KKN Bilateral IPB-Unila Beri Penyuluhan Diversifikasi Produk Kopi


BANDAR LAMPUNG (Lampost.co): Tujuh mahasiswa Unila dan IPB melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Pekon Sinarjawa, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus. KKN dimulai sejak 1 Juli 2019 dan diakhiri pada Jumat, 9 Agustus 2019.

Salah satu program yang dijalankan pada KKN periode ini adalah penyuluhan diversifikasi produk kopi sebagai upaya peningkatan penghasilan keluarga atau UP2K.
Produk kopi yang dihasilkan terdiri dari parfum kopi dan masker kopi. Parfum kopi yang dibuat diberi stiker dengan tulisan kelompok wanita tani (KWT) Seroja. Sedangkan untuk masker kopi dibungkus plastik kecil yang kemudian dibagi-bagikan.

"Harapannya dengan adanya penyuluhan ini masyarakat tak lagi menjual biji kopi yang belum diroasting saja. Tetapi menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah," ujar Alya salah satu peserta KKN, dalam rilis yang diterima Lampost.co, Rabu, 28 Agustus 2019.

Mahasiswa KKN berharap nantinya di Pekon Sinarjawa tidak memproduksi biji kopi mentah, namun juga berbagai produk olahan kopi lainnya. Produk olahan kopi yang memiliki nilai tambah memiliki harga yang lebih tinggi, dengan begitu pendapatan daerah diharapkan dapat meningkat.
Setiaji Bintang Pamungkas/Rilis

sumber : Lampost.co

Posting Komentar

0 Komentar