Hari Pertama, 11 Tokoh Daftar Kepala Daerah di Golkar

Bandar Lampung (Lampost.co): 11 orang tokoh masyarakat melakukan pendaftaran dalam penjaringan hari pertama pembukaan Senin (7/10/2019) di Sekretariat Penjaringan Partai Golkar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020 di 8 Kabupaten/Kota masing-masing di Provinsi Lampung.

Sekretaris Tim Penjaringan Partai Golkar Lampung, Bambang Purwanto mengatakan sesuai daftar rekapitulasi sementara bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 8 Kabupaten/Kota sampai pukul 17.00 WIB pada Senin, 7 Oktober 2019, ada 11 tokoh yang mendaftar penjaringan.

Di Bandar Lampung ada Rycko Menoza dan Amin Fauzi AT sebagai Calon Walikota, Lampung Selatan ada Hipni dan Januri M Nasir seba
gai Bupati, Pesawaran ada Aries Sandi Darma Putra sebagai Bupati serta Rudi Iskandar dan Hermilsyah sebagai Wakil Bupati. Kemudian di Metro ada Andi Surya sebagai Walikota. Lalu di Way Kanan ada Rina Marlina, Juprius dan Raden Adipati Surya sebagai Bupati.

"Sementara di Pesisir Barat, Lampung Tengah dan Lampung Timur belum ada yang mendaftar," katanya kepada Lampung Post, Senin, 7 Oktober 2019.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, Tony Eka Candra mengatakan bahwa partainya telah membuka penjaringan calon kepala daerah. Untuk jadwal pendaftaran sekaligus pengembalian berkas yang akan dibuka pada Senin tanggal 7 Oktober sampai 21 Oktober 2019 setiap Hari Senin sampai Sabtu dan mulai pukul 10.00 - 15.00 WIB.

"Dengan dibentuknya tim Penjaringan di tingkat provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Lampung yang menghadapi agenda Pemilihan Kepala dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2020, nantinya akan mampu menjaring dan merekomendasikan Bakal Calon Kepala Daerah yang berkualitas, berkompeten, jujur, bersih dan amanah untuk masyarakat," katanya

Secara tekhnis mengenai proses penjaringan dari Partai Golkar sudah sesuai dengan acuan yang tertuang dalam UU No 10 Tahun 2016 tentang pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, baik tentang penyusunan formulir pendaftaran sampai penentuan syarat bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Seluruh rangkaian proses penjaringan calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah pada Pilkada serentak 2020 wajib berpedoman kepada Juklak 06/DPP/GOLKAR/VI/2016.
Bakal calon Walikota dan Wakil walikota yang mendaftar di Partai Golkar wajib melengkapi 16 Formulir isian sesuai amanat UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah diantaranya formulir identitas, surat pernyataan kerjasama dengan partai, daftar riwayat hidup, pernyataan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pernyataan sesuai dengan pedoman Pancasila, pernyataan mengenal Daerah Kota Metro, pernyataan belum pernah menjabat sebagai kepala daerah berturut-turut dalam satu provinsi.
Kemudian surat setia membangun kesetiaan, pernyataan Bersedia mengundurkan diri dari jabatan TNI/Polri, Surat pernyataan pemberitahuan kepada pimpinan DPRD, Bersedia mengundurkan diri, Surat pernyataan sehat jasmani dan rohani, Penyataan tidak pernah sebagai terpidana, Surat tidak sedang dicabut hak pilihnya dari pengadilan, Surat tidak punya tanggungan atau hutang dan Surat tidak sedang pailid dari pengadilan niaga. Ketentuan yang lain yaitu membuat visi misi bakal calon walikota – wakil walikota dan bupati wakil bupati, sedangkan proses pengembalian berkasnya wajib diserahkan langsung oleh Bakal Calon Walikota dan wakil Walikota yang mendaftar di Partai Golkar.

Ia mengatakan jadwal verifikasi berkas pendaftaran dan rapat pleno tingkat Kota digelar tanggal 22 sampai 27 Oktober 2019 sedangkan penyampaian rekomendasi hasil penjaringan dari Kota ke Provinsi akan dilaksanakan tanggal 27 – 28 Oktober 2019 yang seluruh berkas berkas pencalonan sudah masuk kepada Tim Penjaringan Pilkada Provinsi untuk ditindak lanjuti dan dilaporkan kepada Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Lampung Arinal Djunaidi

"Setelah keputusan nama-nama bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang diusulkan oleh Tim Penjaringan DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota diserahkan kepada Tim Penjaringan DPD Partai Golkar Provinsi Lampung, maka tahapan selanjutnya akan dilaksanakan Fit and Propertest dan kemudian hasilnya diteruskan ke Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar untuk diproses dan diputuskan," katanya.
Pihaknya membuka peluang yang seluas-luasnya kepada siapapun baik internal maupun eksternal Partai yang ingin maju sebagai calon Kepala Daerah maupun Wakil Kepala Daerah untuk langsung mendaftarkan diri kesekretariat Tim Penjaringan Pilkada Partai Golkar yang berada dimasing-masing Kantor DPD Partai Golkar Kabupaten/Kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 mendatang.

Triyadi Isworo

Posting Komentar

0 Komentar