Penetapan Formasi CPNS Daerah Segera Disampaikan

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menyiapkan infrastruktur portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) dan pelaksanaan seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) BKN sebagai tools utama yang akan digunakan dalam rekrutmen CPNS tahun 2019. BKN siap mengawal rekrutmen CPNS tahun 2019 yang akan membuka formasi sebanyak 197.117 dengan rincian, instansi pusat 37.854 formasi (74 K/L) dan instansi daerah 159.257 formasi (467 Pemda).

Plt Kepala BKD Provinsi Lampung, Yurnalis mengatakan bahwa rapat koordinasi pengadaan CPNS pada 17 Oktober 2019, kemarin membahas tentang kebijakan pengembangan ASN dan rekrutmen CPNS, implementasi pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019/2020 dimana daftar dilakukan secara online sampai dengan seleksi dengan sistem CAT.
Ia juga mengatakan dalam Rakornas juga dijelaskan mengenai draf Peraturan Menteri PAN-RB tentang pengadaan CPNS tahun 2019 yang mengatur hal-hal teknis. Penetapan formasi untuk CPNS Pemprov Lampung/Pemkab/Pemkot secara resmi sudah diserahkan kepada masing pemerintah daerah pada Rakornas tersebut.

"Namun belum bisa diinformasikan karena berkas tersebut dalam keadaan tersegel dan akan disampaikan terlebih dahulu kepada pejabat pembina kepegawaian Pemda masing-masing," katanya kepada Lampung Post, Jumat, 18 Oktober 2019.
Secara Nasional ada dua jenis formasi yang dibuka yakni formasi umum dan formasi khusus (cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis di pusat). Untuk pengumuman pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung pada akhir Oktober hingga awal November 2019, yang diawali dengan penetapan formasi CPNS 2019 kepada Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Penyerahan formasi telah berlangsung pada Kamis, 17 Oktober 2019 di Jakarta.
Pengumuman pendaftaran akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi daring (online) pada November 2019. Pengumuman hasil seleksi administrasi diagendakan pada Desember 2019 dan dilanjutkan dengan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020 dan diikuti dengan pelaksanaan SKD pada Februari 2020. Hasil SKD dijadwalkan akan diumumkan pada Maret 2020 diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Integrasi kedua hasil seleksi dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020. Untuk pendaftaran awal, calon peserta seleksi CPNS menginput  Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga. Silakan calon pelamar memastikan kedua data tersebut telah sesuai dengan data kependudukan di Dirjen Dukcapil Pusat sebelum melakukan pendaftaran.
Sebelumnya Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Kepegawain Daerah (BKD) Provinsi Lampung melakukan pengusulan jumlah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebanyak 594 orang untuk tahun ini di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Hal ini sesuai dengan surat usulan Nomor 800/2513/VI.04/2019 tertanggal 15 Agustus 2019 terkait penyampaian kebutuhan usulan CPNS dan PPPK 2019 yang juga telah disetujui Gubernur Lampung Arinal Djunaidi selaku pejabat pembina kepegawaian (PPK) di Pemprov Lampung dan disampaikan oleh Kemenpan RB.
Usulan tersebut kebanyakan berupa posisi untuk pejabat fungsional. Usulannya untuk CPNS 207 jabatan dengan rincian untuk kesehatan 41 formasi, pendidikan dan tenaga kependidikan 70 formasi, tenaga teknis lainnya 96 formasi. Sementar untuk PPPK 387 jabatan, dengan rincian kesehatan 34 formasi, pendidikan dan tenaga pendidik 182 formasi, tenaga teknis lainnya 171 formasi.
Triyadi Isworo

Posting Komentar

0 Komentar