Cara Belajar untuk Menghadapi Ujian





1.      Tenangkan dirimu
Perlu diingat bahwa dengan memenuhi persentase kehadiran yang cukup dan mengerjakan tugas-tugas secara baik, kamu sudah memiliki pengetahuan memadai untuk menghadapi ujian. Pengetahuan utama inilah yang nanti akan membantumu ketika ujian berlangsung.

2.      Tentukan materi-materi pelajaran yang harus dikuasai
ujian terdapat topik dan materi tertentu yang akan dibahas, dan penting bagimu untuk mengetahui materi atau topik apa yang perlu dipelajari. Jika tidak, kamu hanya akan menyia-nyiakan waktu belajarmu. 

3.      Buatlah rencana belajar
Ketika membuat rencana belajar, manfaatkan waktu yang ada sebelum ujian. Apakah kamu memiliki waktu selama satu bulan sebelum ujian dimulai? Apakah gurumu memberikan ujian secara tiba-tiba? Apakah kamu akan menghadapi ujian tengah semester? Buatlah rencana belajar yang panjang atau pendek, tergantung pada jangka waktu yang kamu miliki.

4.      Tentukan metode belajar yang kamu inginkan
Metode ini mencakup penggunaan warna dan gambar, curah pendapat, dan pemetaan. Beberapa orang dapat belajar dan mengingat lebih mudah ketika menerapkan penggunaan warna pada proses belajar, sementara itu ada pula orang-orang yang memahami materi dengan lebih mudah ketika menggunakan diagram atau gambar. Oleh karena itu, gunakan metode belajar yang paling cocok untukmu. Selama metode tersebut efektif, kamu bisa menggunakan metode apa pun.

tidak ada kata terlambat untuk membuat catatan dan mengajukan pertanyaan. Selain itu, sesi kelas sebelum ujian biasanya dimanfaatkan untuk meninjau kembali pelajaran (tinjauan seperti ini tentunya diperlukan, bukan?). Jika kamu sedang belajar dan menemukan topik atau materi yang tidak dipahami, tuliskan terlebih dahulu materi tersebut. Setelah itu, tanyakan hal tersebut kepada gurumu pada jam pelajaran atau jam istirahat.

Sumber : id.wikihow.com
Laporan : Izzah Safina An-Najjah

Posting Komentar

0 Komentar