Unila Upayakan Prodi Bahasa Lampung Dibuka 2020



Bandar Lampung (Lampost.co) -- Universitas Lampung (Unila) kembali mengupayakan membuka Program Studi Bahasa Lampung di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Rektor Unila Karomani, melalui juru bicaranya, Kahfie Nazaruddin, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi ke Direktur Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kemenristek-Dikti, Ridwan.
Hasilnya, program studi tersebut diharapkan bisa dibuka pada 2020. "Kami sudah koordinasi lagi. Mudah-mudahan, pada 2020 sudah ada surat keputusannya," kata Kahfie, Minggu, 1 Desember 2019.
Menurut Kahfie, program studi tersebut penting untuk dibuka sebagai upaya dalam menjaga kebudayaan lokal di Lampung. Sebab, semakin tahun, penutur bahasa Lampung kian berkurang.
"Lulusan dari prodi ini diharapkan bisa menjadi tenaga pendidik untuk bahasa Lampung di sekolah-sekolah," ujarnya.
Program studi baru itu sudah diajukan sejak Oktober lalu, bahkan prosesnya turut melibatkan Pemerintah Provinsi Lampung. Namun, pengajuan terebut tersendat karena tidak ada slot bahasa Lampung atau bahasa daerah dalam web Silemkerma Kemenristek-Dikti.
Setiaji Bintang Pamungkas
Laporan: Alfilia Sanjaya

Posting Komentar

0 Komentar