Tips Memilih Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Kampus

 https://images.app.goo.gl/ybLMTHJPbYA8TfUp6

Bandar Lampung-Rabu (19/02/2020)
Dunia Perkuliahan tidak hanya berisi mengenai tentang fisika, seminar, maupun presentasi saja, kehidupan kampus juga terdapat banyak berbagai pilihan kegiatan yang dinamakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang kamu ikuti, selain untuk mendapatkan gelar S1 kamu juga dapat mengembangkan bakat serta potensi diri kamu dengan mengikuti beberapa UKM yang tersedia di kampus kamu. Berikut tips memilih UKM yang ada di kampus kamu :

1. Mencari Referensi Berbagai Jenis UKM Yang Ada di Kampus
Hal ini sangat mendasar untuk kamu mengikuti UKM, karna biasanya tiap mahasiswa hanya di beri kesempatan untuk memilih maksimal 3 UKM secara bersamaan, tergantung kebijakan dari setiap kampus, dalam hal ini kamu harus mengetahui semua UKM sehingga kamu bisa menyeleksi UKM untuk kamu ikuti.

2. Carilah UKM Yang Menarik
Biasanya ketika masa pengenalan kampus, terdapat beberapa pertunjukan yang menampilkan berbagai macam UKM yang ada di kampus tersebut. Pada saat ini pilihlah UKM yang menarik perhatian kamu dan juga sesuai dengan keinginan kamu, karna ketika kamu sudah tertarik suatu hal, maka kamu akan mencoba menggali lebih dalam akan hal tersebut dan mencoba bergabung.

3. Pahami Tentang Kegiatan UKM
Nah disini kamu harus betuk memahami kegiatan UKM tersebut, apakah UKM tersebut bergerak di bidang Komunikasi, sosial, olahraga, atau ekonomi. Kamu mungkin bisa menjadikan jurusan kamu untuk alasan memilih berbagai macam UKM yang ada, apakah Jurusan kamu berhubungan dengan banyak orang sehingga kamu harus mempunyai skil berkomunikasi yang baik, mungkin terdapat UKM yang sesuai untuk pengembangan diri kamu.

4. Tetap Utamakan Kuliah
Nah disini hal yang sangat harus kamu perhatikan, UKM hanya sebagai pendamping dikala waktu kuliah kamu kosong atupu hanya sebagai pengembang skill kamu yang tidak di ajarkan dalam kelas, sehingga kamu harus ingat tujuan awal kamu ke kampus untuk kuliah, disini manajemen waku kamu di uji untuk membagi antara jadwak untuk kuliah, dan jadwal untuk UKM.

Baiklah Intelektual Muda, pilihlah UKM yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, jadikan UKM sebagai sarana untuk mengembangkan potensi diri kamu serta mencari banyak teman untuk bertukar pikiran. Semangat Intelektual Muda!

Laporan : Iqbal Muhammad S

Posting Komentar

0 Komentar