Tips Menjaga Kesehatan Ditengah Wabah virus Corona atau Covid-19

Q


Penyakit virus corona 2019 (COVID-19) yang bermula di Wuhan akhir tahun lalu kini sudah menyebar ke banyak negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena penyakit ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di dunia. Situs pemantauan virus corona milik pemerintah Indonesia covid19.go.id mencatat, COVID-19 sudah menyebar ke 201 negara, termasuk Indonesia dengan jumlah pasien positif virus corona sebanyak 1155 orang per 28 Maret 2020.  Ditengah wabah covid-19 ada beberapa hal kecil namun penting untuk menjaga kesehatan diri kita selama self-quarantine. Diantaranya:


1. Cuci tangan



Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Kamu juga perlu cuci tangan setelah dari luar rumah.

2. Jangan Sentuh Wajah



WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu,cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan sentuh wajah.

3. Konsumsi Makanan Bergizi


Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan.

4. Jaga Kebersihan


Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor serta benda-benda yang sering dipegang oleh orang lain bisa meminimalkan paparan virus. Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendisinfeksi.

5.Bawa Alat Makan Sendiri



Buat kamu yang sering makan diluar membawa alat makan sendiri merupakan pilihan yang mudah dalam mencegah penyebaran virus corona antar objek dan manusia. Dengan membawa alat makan sendiri, kamu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. Karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Dengan menerapkan langkah kecil diatas kita dapat meminimalisir penyebaran covid-19 dimulai dengan diri kita sendiri.
Laporan: M. Zahro Wardah

Posting Komentar

0 Komentar