Susunan Upacara 17 Agustus 2020 di Istana Merdeka


Peringataan hari kemerdekaan Indonesia tahun ini akan digelar berbeda mengingat pandemi virus conona. Pemerintah menentapkan susunan upacara 17 Agustus 2020 dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona selama Upacara 17 Agustus 2020 di Istana Merdeka.
Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dimulai pada pukul 10.00 WIB pada hari Senin, 17 Agustus 2020. Petugas upacara di Istana Merdeka hanya sebanyak 67 orang yang terdiri dari 1 komandan upacara, 3 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang merupakan cadangan Paskibraka 2019, pasukan upacara 20 orang dari TNI/Polri, korps music sebanyak 24 oraang, 2 orang MC dan pasukan pelaksana Tembakan Kehormatan saat detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI sebanyak 17 orang.
Selain itu Upacara Kemerdekaan tidak mengundang pejabat dan masyarakat. Adapun, yang hadir hanya presiden (selaku inspektur upacara), wakil presiden, serta petugas upacara, yakni ketua MPR (selaku pembaca teks proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945), Menteri Agama (selaku pembaca doa), panglima TNI, dan kapolri.
Sementara itu, Menteri, pimpinan lembaga/instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat wajib mengikuti upacara 17 Augustus dan penurunan bendera sang Merah Putih di Istana Merdeka secara virtual dari kantor masing-masing.

Reporter: M. Zahro Wardah

Posting Komentar

0 Komentar